Cara Mengatur Line Spacing Pada Ms. Word 2007


Mengatur Line Spacing
Mengatur Line Spacing

Mungkin di antara kita ada yang belum tahu apa itu line spacing. Line spacing adalah antar baris, yakni jarak antara baris yang atas dengan yang bawah. Line spacing beda dengan “spacing” biasa. Kalau spacing biasa itu hanya spasi antar huruf yang satu dengan yang sebelahnya. Akan tetapi kalau line spacing ini adalah spasi untuk baris. Kita bisa mengaturnya menjadi lebar, sempit atau kecil sesuai keinginan kita. Jadi ini salah satu di antara kehebatan teknologi. Kalau di kertas kita hanya bisa menggunakan rol atau memang garis yang sudah ada pada kertas. Itupun kadang tidak betul jaraknya semua 100%. Tapi kalau mengetik di Microsoft Word dijamin semuanya sama dan seimbang karena program yang menjalankannya. Jadi itu sedikit mengenai line spacing agar menambah wawasan dan pengetahuan sebelum kita lebih jauh membahasnya.

Lalu bagaimana caranya mengatur line spacing agar lebih besar atau lebih kecil pada Microsoft Word 2007? Berikut langkah-langkahnya.

1. Blok tulisan yang mau kita ubah line spacingnya. Atau kalau mau semua tulisan dibuat sama line spacingnya bisa diblok semua tulisannya, cara mudahnya tekan Ctrl + A. Seperti pada gambar di bawah ini.
 
2. Lalu klik tombol “line spacing” yang berada pada bagian Paragraph menu Home. Line spacing terletak di antara pembagian rata tulisan dan juga “shading”. Untuk lebih lanjutnya bisa perhatikan gambar berikut ini.
 

2. Kemudian pilih ukuran berapa sesuai kehendak kita. Kalau memang kekecilan atau kebesaran bisa kita atur lebih lanjut pada “Line Spacing Options”. Setelah itu akan muncul gambar seperti di bawah ini.



3. Kita fokus kepada bagian “At”. Kita bisa bebas menentukan berapa ukurannya. Bisa mengecilkannya atau membesarkannya. Setelah itu klik OK.

 

Itulah cara untuk mengatur line spacing pada Ms. Word 2007. Jadi kalau kita ingin membesarkan dan mengecilkannya tinggal lakukan cara seperti yang saya jelaskan di atas.

Semoga bermanfaat.

Related Posts:

3 Responses to "Cara Mengatur Line Spacing Pada Ms. Word 2007"